BAHASA
INDONESIA KELAS 6 SEMESTER 1
1. Pokok
persoalan dalam cerita disebut <Tema>
2. Tema dapat
ditafsirkan secara sederhana melalui <tokoh dan konflik dalam cerita>
3. Tema
lazimnya diungkapkan melalui <konflik cerita>
4. Pesan moral
yang terkandung dalam cerita disebut <amanat>
5. Amanat
cerita ada dua jenis yaitu <eksplisit dan implicit>
6. Amanat
eksplisit artinya <amanat tersurat/secara langsung>
7. Amanat
implicit artinya <amanat tersirat>
8. Amanat
tersurat dapat diketahui dari <dialog para tokoh/tertulis dalam cerita>
9. Amanat
tersirat dapat diketahui dari <perilaku tokoh>
10. Agar tidak
member kesan menggurui maka jenis amanat yang dipilih penulis adalah amanat
<implicit>
11. Tema
dirumuskan dalam bentuk <kalimat pernyataan>
12. Amanat
dirumuskan dalam bentuk <kalimat perintah, saran, atau imbauan>
13. Menyampaikan
informasi pada orang lain dapat melatih ketrampilan <berbicara>
14. Menyampaikan
informasi kepada orang lain harus dengan <runtut, baik, dan benar>
15. Runtut
artinya informasi yang disampaikan harus <urut dari awal sampai akhir>
16. Informasi
yang diucapkan harus dengan jelas dan dengan nada yang <meyakinkan>
17. Informasi
harus disampaikan dengan nada meyakinkan agar penerima informasi
<yakin/percaya>
18. Tanggapan
dapat berupa <saran, pertanyaan, dan kritik>
19. Memberi
tanggapan harus disertai dengan alas an yang <logis/masuk akal>
20. Menyampaikan
tanggapan harus dengan kalimat yang <runtut, mudah dipahami, dan sopan>
21. Kegiatan
mengumpulkan benda-benda pos disebut <filateli>
22. Kolektor
benda-benda pos disebut <filatelis>
23. Kolektor
artinya <pengoleksi/pengumpul benda tertentu>
24. Pengetahuan
atau kegiatan yang berkenaan dengan mata uang disebut <numismatic>
25. Ahli
numismatic disebut <numismatis>
26. Hobi
mengoleksi benda tertentu termasuk hobi yang dapat dilakukan secara
<individu>
27. Numismatic
adalah hobi yang juga bernilai investasi. Makna kata investasi adalah
<menanamkan modal>
28. Kalimat
yang digunakan untuk orang lain melakukan sesuatu disebut kalimat
<anjuran>
29. Dalam
kalimat anjuran biasanya digunakan kata penghubung atau ungkapan <agar/supaya>
30. Dalam
kalimat anjuran biasnya digunakan partikel <lah>
31. Lembar
isian mengenai identitas diri saat mendaftar disebut <formulir>
32. Lembar
isian untuk formulir pendaftaran biasa disebut <blangko pendaftaran>
33. Saat
diminta mengisi formulir kita harus memahami dulu <isi formulir tersebut>
34. Saat
mengisi formulir data yang dituliskan harus berdasarkan <fakta/data diri
pribadi>
35. Lembar
isian yang harus diisi oleh seseorang ketika mengikuti organisasi atau kegiatan
tertentu disebut <daftar riwayat hidup>
36. Daftar
riwayat hidup harus ditulis secara <benar dan jujur>
37. Tanda titik
dua ( : ) dapat digunakan untuk <akhir kalimat lengkap jika diikuti
rangkaian/pemerian, formulir daftar riwayat hidup, teks naskah drama sesudah
nama tokoh>
38. Tanda garis
miring ( / ) dapat digunakan untuk <nomor surat resmi, alamat, penandaan
masa satu tahun yang terbagi dalam dua thn penanggalan>
39. Membuat
ringkasan cerita dapat dilakukan dengan mencatat <hal-hal yang dianggap
penting dalam cerita tsb>
40. Langkah-langkah
menulis sebuah laporan hasil pengamatan yaitu <membuat judul laporan yang
benar, menyusun kalimat pembukaan, menyusun isi laporan yang berisi
gagasan-gagasan pokok dan saran disertai alas an, menulis kalimat penutup>
41. Sampah yang
terdiri atas bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah disebut <sampah
organic>
42. Sampah yang
tediri atas bahan-bahan yang sulit terurai secara alamiah disebut <sampah
anorganik>
43. Menulis
kembali cerita asli secara singkat dengan tetap memperhatikan urutan isi dan
sudut pandang penulis disebut <meringkas cerita>
44. Meringkas
cerita dapat diperoleh dari teks yang <dibaca atau didengar>
45. Hal yang
harus dilakukan dalam membuat ringkasan cerita adalah <mencatat pokok-pokok
isi cerita>
46. Ide pokok
yang terdapat dalam paragraph disebut <gagasan utama/pikiran utama>
47. Kalimat
yang menyatakan rasa pengakuan dan penghargaan yang tulus akan kebaikan atau
keunggulan sesuatu disebut <pujian>
48. Orang yang
dapat mendorong atau memotivasi seseorang agar menjadi lebih baik disebut
<motivator>
49. Membaca
cepat informasi yang penting yang terdapat dalam bacaan disebut <membaca
memindai>
50. Membaca
sekilas selama satu atau dua menit disebut <skimming>
51. Skimming
meliputi memperhatikan <judul, paragraph, gambar, table sebagai satu
kesatuan, memperhatikan judul untuk memilih bacaan yang dibutuhkan>
52. Kata yang
dapat digunakan untuk kalimat pujian misalnya <amboi, aduhai, wah, wow,
Alhamdulillah, asyik>
53. Kata depan
yang menunjukkan suatu tempat adalah <di>
54. Kata depan
yang menunjukkan tempat yang dituju adalah <ke>
55. Kata depan
yang menunjukkan tempat yang ditinggalkan adalah <dari>
56. Kata depan
yang menunjukkan waktu adalah <pada>
57. Kecaman
atau tanggapan, kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap
suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya disebut <kritik>
58. Menegur
atau mengkritik merupakan salah satu cara untuk membangun <motivasi> pada
diri orang lain.
59. Kata Tanya
untuk menanyakan cara, kabar, atau keadaan adalah <bagaimana>
60. Kata Tanya
untuk menanyakan alasan adalah <mengapa>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar